Cara Cek Penerima Bansos 2022 Online Pakai HP

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah memberikan bantuan kepada orang yang terkategori miskin. Kemensos sendiri sudah menyediakan situs yang khusus bisa digunakan oleh masyarakat untuk mengecek siapa saja yang menerimanya.

Lalu, bagaimana cara cek penerima bansos itu?

Pengecekan nama penerima bansos melalui situs yang sudah disediakan oleh Kemensos sangatlah mudah.

Selain bisa melalui situs, pengecekan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos.

Sebelum memulainya, pastikan Anda sudah menyediakan KTP dulu untuk mempermudah.


Baca Juga: Info Jam Bursa Saham


2 Cara Cek Penerima Bansos dengan Mudah

Cara Cek Bansos

Bansos sendiri adalah upaya yang mempunyai misi serta tujuan yang berkaitan dengan sosial, diantaranya untuk pengentasan kemiskinan, menjamin kehidupan masyarakat, pemberian perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan bencana.

Untuk mengecek apakah Anda atau orang terdekat Anda termasuk penerima bansos atau bukan, bisa gunakan situs milik Kemensos seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi Cek Bansos. Informasi lebih lengkapnya sebagai berikut:

#1. Melalui Situs cekbansos.kemensos.go.id

Siapkan dulu KK atau KTP dan buka browser pada perangkat yang digunakan.

Di halaman pencarian, ketik cekbansos.kemensos.go.id.

Pilih domisili tempat Anda tinggal yang meliputi provinsi, kabupaten, kecamatan serta kelurahan dan masukkan juga nama lengkap Anda yang sesuai dengan KTP.

Setelah selesai, Anda harus melakukan verifikasi kode Captcha. Ketikkan saja kode yang tampak di kotak Captcha, tetapi kalau kode ini tidak terlalu jelas, bisa ketuk refresh agar verifikasi kode juga bisa diulang.

Tekan tombol Cari Data dan tunggu sampai sistem menampilkan hasilnya. Kalau memang berhasil ditemukan, akan ada informasi mengenai data diri Anda sebagai penerima bansos.


Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Trading Terbaik


#2. Melalui Aplikasi Cek Bansos

  • Kalau belum punya aplikasinya, bisa unduh dan install dulu kemudian lakukan pendaftaran. Dalam proses pendaftaran ini diperlukan KTP, foto KTP serta foto Anda sambil memegang KTP.
  • Selanjutnya hanya tinggal mencari saja nama Anda, bisa gunakan menu Daftar usulan dalam hal ini. Kalau memang nama Anda terdaftar sebagai penerima, akan muncul keaktifan status serta periode pemberian bansos tersebut.

#3. Cara Cek Penerima Bansos dengan Cepat

Panah Gif

Cek Disini!

Cara cek penerima bansos yang paling mudah sebenarnya adalah dengan menggunakan situs milik Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id. Begitu cara di atas diterapkan, selanjutnya layar akan menampilkan data hasil pencarian.

Data hasil pencarian ini terdiri atas nama penerima, umur penerima sampai dengan keterangan bansos apa yang didapatkan. Kalau setelah melakukan pencarian ada lebih dari satu nama yang muncul, cocokkan saja nama serta usia yang sesuai dengan diri Anda.

Jenis Bansos yang Disalurkan oleh Pemerintah

Jenis bansos yang merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat rupanya bermacam-macam.

Berikut beberapa jenis bansos tersebut:

1. PKH atau Program Keluarga Harapan

PKH merupakan bansos yang diberikan kepada keluarga yang terdapat balita atau ibu hamil di dalamnya. PKH diberikan dalam rangka untuk menanggulangi kemiskinan sekaligus mengembangkan kualitas SDM.

2. BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai

Program ini lebih sering disebut dengan Kartu Sembako. Keluarga penerima manfaat bansos ini akan mendapatkan bantuan yang nilainya sebesar Rp200.000 setiap bulan. 

Dana tersebut akan disalurkan dalam wujud bahan pangan seperti bawang, buah-buahan, beras, telur, kacang tanah, serta kacang hijau.

3. BLT atau Bantuan Langsung Tunai

BLT adalah bantuan yang menyasar orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19, utamanya yang berada di desa. Tujuannya sama, yaitu untuk mengentaskan kemiskinan dan program ini diharapkan bisa membantu mengurangi dampak buruk yang dialami warga akibat pandemi.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Trading


Cara cek penerima bansos di atas sangat mudah dilakukan bukan? Selanjutnya, kalau memang Anda terdaftar sebagai penerima, datangi aparat pemerintah setempat, bisa ketua RT, ketua RW atau langsung mendatangi petugas di kelurahan atau desa untuk konfirmasi.